P5 KEARIFAN LOKAL, SEHAT TUBUHKU DENGAN EMPON-EMPON SMPN 36 Purworejo
Pada tanggal 30 Januari 2025, SMP Negeri 36 Purworejo melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Kearifan Lokal”. Sasaran kegiatan ini adalah peserta didik kelas 8. Dengan mengusung tema “Sehat Tubuhku Berkat Empon-Empon”, diharapkan peserta didik dapat meningkatkan dimensi Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan YME, gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Kegiatan P5 dimulai dengan pembukaan di Aula SMP Negeri 36 Purworejo, dilanjutkan dengan sosialisasi kegiatan yang akan dilaksanakan. Setelah itu, peserta didik diberikan materi mengenai budidaya empon-empon. Kegiatan hari pertama ini ditutup dengan pembagian kelompok dan sholat dzuhur berjamaah.
Pada tanggal 31 Januari 2025, kegiatan P5 dimulai dengan Jum’at Sehat. Peserta didik diberikan materi mengenai manfaat empon-empon dan melakukan eksplorasi terkait topik tersebut. Diharapkan, melalui materi ini, peserta didik dapat lebih memahami dan memperluas pengetahuan mereka tentang empon-empon.
Pada tanggal 1 Februari 2025, peserta didik diberikan informasi mengenai produk jahe instan. Setelah itu, mereka melakukan presentasi hasil eksplorasi tentang empon-empon. Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta didik dapat lebih kreatif. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video mengenai pembuatan minuman empon-empon, pembentukan kelompok, dan diakhiri dengan perencanaan praktek pembuatan produk minuman.
Pada minggu kedua, yang dimulai pada 3 Februari 2025, kegiatan P5 diawali dengan pembuatan rancangan praktek. Dalam tahap ini, peserta didik diharapkan dapat berpikir kritis dan kreatif saat merancang produk yang akan dibuat. Selanjutnya, dengan pembagian tugas kerja dalam setiap kelompok, peserta didik diharapkan dapat meningkatkan kemampuan gotong royongnya. Kegiatan hari ini ditutup dengan pembuatan label produk dan sholat dzuhur berjamaah.
Pada tanggal 4 Februari 2025, peserta didik melakukan praktek pembuatan minuman instan dari jahe dan diminta untuk mencari testimoni dari para guru dan karyawan. Hari berikutnya, mereka kembali melakukan praktek pembuatan minuman sehat dari empon-empon. Pada dua hari terakhir kegiatan P5, peserta didik membuat video tentang praktek yang telah dilakukan serta menyusun laporan. Kegiatan P5 ini berjalan dengan lancar dan sukses.
Empon-empon tidak hanya kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi juga mengandung kearifan lokal yang telah diwariskan turun-temurun. Kearifan lokal ini merupakan warisan yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia. Diharapkan, melalui kegiatan P5 ini, peserta didik dapat melestarikan dan menghargai kearifan lokal, agar generasi mendatang dapat terus merasakan manfaatnya dan menjaga keberagaman empon-empon yang ada.